Sabtu, 01 Oktober 2011

Magang Minggu Kedua di SIT Fajar Hidayah

Sabtu tanggal 1 oktober adalah minggu kedua Tim kami menjalani magang di SIT Fajar Hidayah bertempat di ruang multimedia. Kali ini berbeda dengan minggu sebelumnya dimana kami hanya mengajar hanya satu murid saja, tetapi hari ini ada sekitar 25an anak yang mengikuti pelatihan kali ini, yang terdiri dari siswa-siswi Fajar Hidayah yang berasal tidak hanya dari cibubur, tetapi siswa-siswi dari Delta mas dan Sentul turut meramaikan kegian ExtraKulikuler yang di canangkan oleh  SIT Fajar Hidayah ini. Persiapan demi persiapan telah di lakukan oleh Tim, mulai dari membuat presentasi sebelum ke sekolah untuk mengajar, bangun pagi-pagi sekali karena letak sekolah yang cukup jauh yang memakan waktu minimal 2 jam baru sampai di sekolah hingga sampai presentasi di depan kelas.


Hari ini Tim mengulang pembahasan minggu lalu karena minggu lalu hanya mengajar satu murid saja, mulai dari installasi, pembuatan beberapa MAP dan Transfer player. Awalnya siswa-siswi belum terlihat antusias mengikuti pelatihan sebelum installasi software RPG Maker. Pada saat installasi pun terdapat banyak masalah yang bermunculan, ada yang error, karena kebanyakan menggunakan Windows 7, tetapi dapat di tangani oleh Tim, tetapi ada beberapa yang tidak bisa, terutama yang menggunakan Netbook, dimana Resolusinya tidak support dengan RPG Maker yaitu minimal resolusi 1024 x 768 atau diatasnya. Sudah dilakukan setting Resolusinya tetapi memang di Netbook sebagian siswa tidak men-support dan solusinya 1 laptop dengan 2 siswa. Dan ada juga beberapa yang harus di tambahkan registry sehingga bisa jalan.


Antusias siswa-siswi pun mulai terlihat ketika program mulai dijalan kan setelah installasi. Pertanyaan pun mulai berdatangan dari mereka, "bagaimana cara membuat cara membuat MAP, karakter, animal? dan sebagainya" kamipun mengajarkan mereka step by step dengan perlahan-lahan karena kebanyakan dari pesertanya adalah siswa kelas 6 yang tidak mengerti cara pembuatannya dan 2/3 anak kelas 7 dan delapan (pernah mendapatkan pelajaran RPG Maker). Tak terasa detik demi detik, menit ke menit berlalu hingga tak terasa waktu pelatihan berkahir, dan semangat dari siswa-siswi pun dalam membuat game masih terus berlanjut, terlihat dari banyaknya pertanyaan dari mereka yang masih kami terus jawab meskipun waktu sesi pada hari ini telah berakhir. Sebelum pelatihan di tutup, kamipun memberikan  PR (Pekerjaan Rumah) kepada para peserta pelatihan untuk membuat StoryBoard atau skenario dari Game yang akan di buat sehingga pada pelatihan selanjutnya, pembuatan Game akan dapat dengan mudah dibuat sesuai dengan skenario yang mereka sudah buat masing-masing, tinggal kami arahkan sehingga membentuk sebuah game yang edukatif. sekian untuk pelatihan kali ini, semoga pelatihan selanjutnya bisa berjalan dengan lancar, amin...

 Posted by : Munandar Ziswandi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar